Rabu, 23 November 2011

Mengetik Kata 'Twilight' di Search Engine mengundang virus berbahaya

Banyak cara orang menyebar virus. Bukan hanya Angry Birds yang disalahgunakan untuk peranti kejahatan cyber, Twilight, judul sebuah film terkenal yang diadaptasi dari novel Stephenie Meyer, tak urung dipakai sebagai penyebar virus.

Sepertinya soal sepele, tapi dampaknya luar biasa bahaya. Bentuk kejahatan cyber kali ini agaknya mengincar para penggemar Twilight. Norton Data menemukan, hasil pencarian yang berkaitan dengan film tersebut menampilkan link yang berpotensi virus berbahaya bila dibuka.

Tautan atau link dalam hasil pencarian tersebut, bila di-click akan otomatis memasukkan virus, key logger (program untuk mengintai apapun yang anda ketik di komputer), dan berbagai software 'nakal' lain yang bisa menimbulkan masalah di smartphone, tablet, atau komputer korban. Lebih jauh lagi, virus ini bahkan bisa mengosongkan rekening bank korbannya.

Pencarian yang menghasilkan link menuju virus tersebut umumnya berupa download atau sekedar pencarian foto, trailer, clip video, informasi pemain, dan detil plot serial tersebut. Pencarian terbanyak yang juga menghasilkan link serupa adalah pencarian dengan kata kunci "Robert and Kristin kissing" dan "Twilight true love".
Jadi, mulai saat ini, pikir-pikir dulu jika ingin mengetik kata "Twilight" di PC atau Laptop Anda.

sumber

Tidak ada komentar: